Menu

4 Hal yang Wajib di Persiapkan Sebelum Lulus (Mahasiswa Masuk..)

24/05/2016 | Motivasi
Bagikan :

Bersyukurdanikhlas.com – Bagi kalian yang berstatus mahasiswa akhir, kata lulus mungkin menjadi hal yang selalu kalian cita-cita kan. Sebagai mahasiswa, memang itulah tujuan akhir kalian. Bagi kalian sudah lulus pasti tahu betapa beratnya waktu yang harus di jalani, berapa banyak pengorbanan, waktu, dan tenaga.

Saat lulus itulah segala beban yang mungkin kalian rasakan hilang dalam sekejap. Ada perasaan bahagia dan bangga yang begitu dalam, seolah itu akhir dari segala penderitaan kalian 😀 . Tidur malam pun terasa begitu nikmat, makan pun tak kalah nikmat. beda jauh saat kalian ngerjakan skripsi kalian, kan? Hehe

Perasaan bahagia dan bangga tersebut juga dirasakan ortu kalian, karena kerja keras beliau untuk biaya kuliah terbayar sudah. Sampai-sampai berita kelulusan kalian tersebar seantero kampung kalian. Hayoo…yang ngalamin, angkat tangan!

Kebahagiaan kalian mungkin akan terasa sempurna saat yang sama kalian sudah diterima kerja atau sudah bekerja atau sudah mempunyai usaha sendiri. Memiliki pekerjaan yang baik dan sesuai passion adalah impian setiap orang. Namun dijaman sekarang ini mencari pekerjaan bisa dibilang cukup sulit. Semakin ketat persaingan serta banyak kualifikasi dan syarat yang harus dipenuhi. Sehingga banyak yang akhirnya menjadi pengangguran…!

So, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar nanti saat lulus kalian sudah siap dengan tantangan tersebut. Istilah kerennya ready for use ! kalian telah matang dan siap untuk bertarung di dunia nyata..! Walaupun pada umum nya setelah lulus, kebanyakan sarjana masih menganggur (dan terjebak dalam euforia), tapi kalian bisa memilih untuk tidak menjadi pengangguran saat kalian lulus kelak.

Nah ini dia 4 poin tersebut :

sumber gambar : pixabay

1. Skill (terutama bahasa asing)

Skill diartikan sebagai kemampuan atau keahlian. Setiap manusia yang dilahirkan dianugrahi kemampuan khusus oleh Sang Pencipta. Ahli di bidang teknik, science dan lain-lain dan bakat tersebut diasah saat kaliah duduk di bangku sekolah. Kalian yang berbakat di bidang IPA memilih jurusan MIPA dan saat menjadi sarjana kalian sudah ahli di bidang tersebut. Ingat orang ahli itu ibarat gula yang dikejar-kejar oleh semut, asik kan?

Skill berbeda dengan pengetahuan, skill adalah pengetahuan yang telah diasah, dilatih sehingga kita menjadi tenaga ahli atau profesional. Saat kalian bekerja tentu kalian mengandalkan keduanya, pengetahuan dan skill.

Skill tersebut lah yang akan menjadi nilai tawar di mata perusahaan, apakah kita layak atau tidak menjadi bagian mereka. Oleh sebab itu asahlah skill tersebut mulai sekarang…!

Jika kalian hobi di bidang enterpreneur, asahlah itu sehingga kemampuan kalian bertambah. Saat kalian lulus tidak menutup kemungkinan kalian menjadi pengusaha muda. Kalian hobi di bidang marketing asahlah kemampuan itu sehingga saat bekerja nanti kalian tidak lagi grogi dengan target penjualan yang dibebankan kepada kalian. Atau kalian bisa menjadi pengusaha dan membantu orang lain mendapatkan pekerjaan, alangkah mulianya..!

Di era pasar bebas seperti saat ini, ada skill khusus yang perlu kalian kuasai yaitu skill bahasa asing. Tak sedikit perusahaan yang mensyaratkan kemampuan asing, bahasa inggris utamanya sebagai syarat utama kalian melamar di perusahaan tersebut, kalo kalian sudah punya itu nilai plus kalian..!

social-media

sumber gambar : pixabay

2. Pengalaman Organisasi

Tidak kalah penting dengan skill, yaitu pengalaman organisasi. Organisasi mengajarkan banyak hal pada kalian terutama tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain, memperjuangkan keadilan dan idealisme. Di organisasi lah kalian juga mengasah karakter kalian, kepemimpinan, manajemen sumber daya termasuk manajemen SDM dan waktu.

Bagi kalian yang dulu kuliah ikut organisasi baik intra ataupun ekstra tentu pola pikirnya mind set berbeda jauh dengan yang mereka yang hanya kuliah pulang (kupu-kupu).

Kenapa demikian? Karena di organisasi dulu kalian sudah terbiasa dengan masalah, kesibukan, tekanan, dan kalian tentu juga sudah belajar bagaimana mengatasinya. Kalian yang sudah sering dengan tekanan tentu akan mudah survive, lebih pede tentunya dan insyaallah kelak akan menjadi orang yang sukses!

Itu value lebih buat kalian..! Saat kalian bekerja atau telah turun di masyarakat, kalian sudah punya bekal. Jiwa kepemimpinan sedikit banyak sudah kalian miliki. Tentunya kondisi dan situasi akan sangat berbeda dibanding saat kalian mahasiswa. Bedanya apa?

Dunia yang kalian hadapi bukanlah dunia main-main, tapi dunia yang penuh tanggung jawab. Apa yang kalian perbuat akan di tanya pertanggungjawabanya.

Lebih baik ber mandi keringat di medan latihan daripada berdarah-darah di medan pertempuran!  

Oleh karena itu jika kalian saat ini masih mahasiswa, belum lulus, ikut lah organisasi, asah leadership kalian! Asah dan latihlah itu di wadah yang bernama organisasi itu, ilmu di organisasi 100 persen kepake..! percaya deh..! Bentuknya bisa UKM, HMJ atau BEM, atau organisasi ekstra semacam HMI, IMM, PMII, KAMMI, GMNI atau HTI dan lain-lain.

play-stone

sumber gambar : pixabay

3. Perbanyak Kenalan

Link, channel atau connection, di zaman sekarang sangat penting sekali. Link atau channel bisa diartikan bukan hanya jaringan pertemanan, tapi juga jaringan bisnis.

Ada pepatah yang mengatakan 1000 teman kurang, 1 musuh sudah banyak. Thats it..!

Saat kalian mahasiswa, perbanyak lah kenalan baru tapi didasari niat yang tulus, dan jangan pilih pilih dalam mencari teman. Bertemanlah dengan siapa saja asal jangan yang membuat kalian jatuh kedalam kemaksiatan dan kemunduran. Carilah teman yang berpikir maju, dan bisa memotivasi kalian untuk berprestasi.

Selain di lingkungan kampus, kalian bisa menambah teman melalui jalur organisasi, komunitas-komunitas tertentu. Saat kalian magang kerja, manfaatkan dengan baik agar sehingga kalian memiliki reputasi yang baik di mata lembaga atau institusi kalian magang. Tidak menutup kemungkinan suatu saat kalian menjadi bagian dari mereka!

tribunnews

sumber gambar : tribunnews

4. Usaha Sampingan

Masih mahasiswa, namun sudah mandiri dan berpenghasilan sendiri, siapa yang tidak mau. Namun hal tersebut bukan perkara yang mudah. Tak banyak yang mau repot-repot atau kerja keras mencari penghasian sampingan, selain hanya meminta kepada orang tua.

Padahal itu bisa mengasah jiwa wirausaha kalian. Mulai dari yang modal kecil atau yang sama sekali tanpa modal. Yang modal kecil misalnya kalian bisa berjualan pulsa, berjualan snack atau pakaian khas daerah tertentu, atau menjadi affiliate dimana kalian berperan sebagai distributor/reseller dan mendapatkan margin fee jika berhasil menjual sebuah produk.

Jika kalian salah satu mahasiswa penerima beasiswa, maka gunakanlah itu sebagai modal. Apapun jenisnya, tentu kalian lah yang lebih tahu mana yang kalian inginkan. Mulai lah sedini mungkin. Siapa tahu saat lulus nanti usaha kalian omsetnya besar.

Dan jika itu yang terjadi kalian tidak perlu repot melamar kesana kemari, kalian akan sibuk melamar sang pujaan hati kalian…hehehe.

Nah, itulah poin-poin penting yang musti kamu persiapkan saat menjadi mahasiswa, sesegera mungkin kawan, jangan menunggu semester akhir ya, keluarlah dari zona nyaman, berfikir dan bertindaklah.

Akhiru kalam, ane ucapkan terimakasih sudah membaca artikel ini, poin tersebut hasil tela’ah ane sebelum dan jauh hari setelah ane lulus. Beberapa poin alhamdulillah bisa ane amalkan saat jadi mahasiswa dulu, sisanya ane mulai saat lulus.

Mudah-mudahan impian dan cita-cita kalian bisa tercapai. Aamiin.

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For 4 Hal yang Wajib di Persiapkan Sebelum Lulus (Mahasiswa Masuk..)

Authors

loading...

Kategori

Berlangganan via Email

Masukkan alamat email anda untuk berlangganan di blog ini, anda akan menerima pemberitahuan tulisan terbaru melalui email.

Join 1 other subscriber