Menu

7 Golongan yang Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat..!

19/04/2016 | Aqidah
Bagikan :
ilustrasi gambar: liputan6.com

ilustrasi gambar: liputan6.com

Bersyukurdanikhlas.com – Rasulullah Saw pernah dalam suatu hadits nya menggambarkan bahwa pada hari kiamat nanti dunia ini akan terasa sangat panas menyengat. Walaupun kiamat belum terjadi saat ini kondisi bumi semakin lama semakin panas. Saat ini bumi terancam global warming…!

Bayangkan bagaimana panasnya bumi saat kiamat nanti..? Namun dalam situasi panasnya kiamat yang begitu dahsyat tersebut, ada golongan orang yang tidak akan merasakan panas dahsyat tersebut, dengan kata lain Allah menaungi mereka sehingga merasakan keteduhan…siapa sajakah mereka..?

Golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah pada hari kiamat ada 7 golongan yaitu:

1. Imam yang adil

Imam diartikan sebagai orang diberikan kepercayaan untuk menjadi pemimpin, baik pemimpin dalam sholat, keluarga, masyarakat, bangsa atau negara. Imam yang adil berarti artinya meletakkan sesuatu sesuai porsinya.

Imam dalam sholat harus memperhatikan kondisi makmumnya sehingga dalam sholatnya makmum tidak merasa berat dan payah. Baik itu secara bacaan atau gerakannya. Imam dalam keluarga dikatakan adil jika tidak membeda-bedakan anak yang satu dengan lainnya, atau mengistimewakan salah satunya.

Imam dalam masyarakat atau lingkup pemerintahan dikatakan adil jika dia tidak membedakan perlakuan terhadap salah satu anggota masyarakat, atau kelompok. Tegas terhadap salah satu tapi mengistimewakan yang lain.

2 . Pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah

Jika ada orang yang sudah tua renta yang taat kepada Allah, rajin beribadah, bertobat tentu menjadi hal yang lumrah dan tidak ada istimewa, karena dia mempersiapkan itu untuk menghadapi ajal.

Namun jika ada pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah ini sangatlah istimewa!  Di kala semangat dan jiwa yang menyala-nyala, ia mampu mengontrol hawa nafsunya untuk tidak terjebak dalam gaya hidup hura-hura, foya-foya, hedonis dan materialistik. Walaupun dalam pandangan umum, kematian seseorang masih jauh jika masih berusia muda.

Pemuda yang seperti inilah yang Allah janjikan akan mendapat naungannya kelak saat kiamat…!

3. Seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam kesendirian hingga air matanya menetes

Jika ada orang yang berdzikir di tengah keramaian mungkin saja menangis meneteskan air mata, tapi apakah itu menggambarkan keikhlasan? Ya, bisa jadi ya, bisa jadi tidak. Karena bisa saja orang tersebut hanya mencari perhatian dan pujian orang lain. WaAllahu a’lam.

Namun saat berdzikir sendirian dan menangis haru, siapa yang akan memujinya? Tidak ada. Kesungguhan, ketulusan dan keikhlasan akan cinta kepada Allah nya yang membuatnya meneteskan air mata.

4. Orang yang senantiasa hatinya terpaut dengan masjid

Orang yang hatinya terpaut di masjid adalah orang yang memuliakan Allah, sehingga Allah pun akan memuliakannya. Orang tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah orang yang senantiasa melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Keutamaan sholat berjamaah adalah dilipatgandakan pahalanya sebesar 27 derajat.

5. Dua orang yang saling mencintai karena Allah

Mencintai karena Allah adalah cinta yang tulus. Cintanya bukan karena rupa, bukan karena tahta dan bukan pula karena harta atau materi. Dia murni mencintai karena ketaatannya kepada Allah dan selalu mengingatkan saudara muslimnya jika menyimpang dari jalan Allah. Dan cinta inilah yang akan menguatkan ikatan persaudaraan diantara mereka.

6. Seorang laki-laki yang diajak berbuat mesum oleh wanita cantik dan terhormat namun ia menolak karena takut karena Allah

Di era modern seperti sekarang ini rasanya sangat sulit menemui orang seperti ini, bahkan mungkin bisa dibilang mustahil. Kenapa demikian…?!

Pada era sekarang dimana pergaulan sudah demikian bebasnya, menyebabkan perzinahan dan perselingkuhan menjadi semacam gaya hidup terutama di kota besar. Lihatlah berapa kasus wanita muda yang melahirkan tapi tidak diketahui siapa yang menjadi ayahnya…lihatlah berapa banyak negara barat yang melegalkan prostitusi dan membangun pusat-pusat lokalisasi. Miris bukan…?!

Orang yang dalam kategori ini, menjauhi perzinahan bukan karena takut terkena penyakit sypilis, HIV atau penyakit kelamin lainnya, namun semata-mata dirinya takut karena Allah. SubhanAllah…luarbiasa bukan…?!

Contoh teladan untuk golongan ini adalah Nabi Yusuf As, dimana beliau menolak ajakan majikannya yang cantik karena beliau takut kepada Allah, sehingga Allah menempatkan nya pada derajat yang tinggi.

Jika anda salah satu dari golongan ini percayalah bahwa Allah akan menjaga diri anda dari panas menyengat nya hari kiamat kelak.

7. Seseorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahuinya

Ini bisa diartikan bahwa seseorang bersedekah namun seolah-olah dia tidak bersedekah, dikarenakan tidak ada orang selain dia yang mengetahuinya, bahkan orang yang terdekatnya pun tidak tahu. Inilah sedekahnya orang-orang yang ikhlas, yang murni karena Allah. Sedekah yang akan mendatangkan keberkahan dan manfaat.

Berbeda jauh dengan apa yang ada di masyarakat kita, banyak orang kaya yang bersedekah dalam jumlah besar namun dibalik itu dia mempunyai kepentingan lain, misalnya untuk kepentingan mencari simpati masyarakat, meraih suara agar dipilih dalam pemilu sehingga nantinya mendapatkan jabatan. Biasanya ini hanya berlaku sesaat saja, hanya masa menjelang pemilu. Setelah pemilu yang terjadi adalah mereka hanya sibuk untuk memperkaya diri, mengejar proyek dan tender saja.

Itulah tujuh orang yang akan dinaungi Allah di hari kiamat kelak, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw berikut:

“Ada tujuh golongan yang pada hari kiamat akan dinaungi dibawah naungan Allah, dihari yang tidak ada naungan selain daripada naungan Allah; imam yang adil, pemuda yang tumbuh didalam ibadah kepada Allah, seorang laki-laki yang berdzikir kepada Allah dalam kesendirian hingga menetes air matanya, seorang laki-laki yang hatinya senantiasa terkait dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, seorang laki-laki yang diajak oleh wanita yang memiliki kedudukan terhormat dan kecantikan untuk berbuat mesum namun ia berkata, “ sungguh aku takut kepada Allah”, seorang laki-laki yang bersedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari)

Mudah-mudahan kita menjadi salah satu dari orang yang kelak dilindungi Allah di hari kiamat kelak. Aamiiin. Allahu Akbar….!

 

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For 7 Golongan yang Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat..!

Authors

loading...

Kategori

Berlangganan via Email

Masukkan alamat email anda untuk berlangganan di blog ini, anda akan menerima pemberitahuan tulisan terbaru melalui email.

Join 1 other subscriber