Menu

Jenuh dengan rutinitas harian ?! Baca 3 langkah ini!

25/03/2016 | Motivasi
Bagikan :
bored-child_2784027b

sumber gambar: www.telegraph.co.uk

Bersyukurdanikhlas.com – Setiap orang tidak bisa lepas dari rutinitas harian yang seringkali terasa membosankan atau menjenuhkan. Bila kita udah merasa jenuh, maka tanda-tanda kejenuhan itu pun muncul dan mudah diidentifikasi. Merasa lelah, males-malesan, nggak bergairah lesu nggak berminat dengan hal-hal yang kita sukai dan semacamnya. Kalo udah begini pasti kita akan berusaha untuk menghilangkan kejenuhan itu.

Rasa jenuh sebenarnya disebabkan oleh pikiran kita sendiri yang menyatakan jenuh, menginginkan perubahan, mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup yang monoton dari waktu ke waktu. Keadaan ini biasanya muncul bagi orang-orang yang rutinitasnya hanya terbatas padahal itu-itu saja dan cenderung tanpa tantangan. Misalnya rutinitas kerja yang tiap pagi harus ke kantor, duduk dan pulang di sore harinya, atau kalo bagi mahasiswa rutinitas tersebut dialami pada masa-masa pertengahan.

Saya pernah melakukan survey, yang mana teman saya sendiri yang menjadi narasumber, kebanyakan dari mereka mengaku merasakan kejenuhan dengan dengan segala aktivitas di kampus baik itu kuliah, praktikum yang mana kegiatannya hanya mengarah pada hal-hal itu saja. Diskusi, membuat laporan dan tugas benar-benar membuat mereka malas untuk menjalaninya.

Fakta ini jelas membawa dampak yang buruk bagi mereka, bisa dilihat dari aktivitas mereka di kampus, gejalanya cukup mudah ditebak yaitu datang kuliah malas-malasan, di kelas jadi pasif, sms-an jadi hobi, facebook-an pun jadi andalan. Yang tak kalah hebat tugas pun jadi numpuk, akhirnya mengerjakannya jadi asal-asalan asal selesai dan dikumupulkan tanpa mempertimbangkan kualitasnya.

Nah, buat temen2 yang sudah pernah mengalami hal itu dan tentunya semua sudah pernah mengalaminya. Lantas kalian bertanya, susah gak sih mengatasi kejenuhan? Mungkin sebagian dari temen2 sudah ada yang banyak ngerti tentang cara mengatasi kejenuhan.

Bagi yang belum, anda beruntung loh karena di artikel ini ada beberapa cara untuk mengatasi rasa jenuh yang temen-temen semua derita.

1.  pertama, kita harus bisa menanamkan dalam diri kita seberapa penting sih aktivitas yang akan kita jalanin? Penting gak sich kita ngelakuin itu? Penting gak sih kita kuliah, praktikum, kita bekerja dan lain sebagainya??? Coba tanyakan pada diri anda sendiri. Tentunya kita sudah membuat prioritas tentang apa-apa yang harus kita lakukan dulu.

Nah, kalau kita sudah menilai pentingnya aktivitas tersebut dan akan kita tahu bahwa aktivitas tersebut dapat memberikan kebaikan kita, maka kita akan bisa dengan mudah mengalahkan rasa jenuh itu dan kita harus menjalaninya tiap hari, bahkan kalau pun terpaksa kita akan terus berusaha untuk menjalaninya dengan rasa syukur dan ikhlas.

2.  kedua, yang bisa kita lakukan adalah kita bisa menambahkan hal-hal baru dalam rutinitas kita walaupun hanya sesuatu yang sederhana. Misalnya minum teh di sore hari, jalan-jalan di pagi hari sekedar mencari udara segar, merupakan hal yang sederhana namun bisa menyegarkan pikiran kita jika kita tidak biasa melakukannya, cobalah hal-hal sederhana baru seperti itu. Manusia selalu senang dengan hal yang dinamis!

3.  ketiga, ubahlah cara kita melakukan rutinitas harian kita, misalnya kita yang biasa belajar di dalam kamar kita bisa mencoba melakukannya mungkin di bawah pohon yang rindang di suatu taman. Salurkan hobi kita disela-sela rutinitas kita, kalo bisa ya kita cari hobi baru yang lebih menantang dan menarik bagi kita. Berusaha untuk melepaskan beban kita sesaat dengan cara menikmati permainan yang membuat kita ceria, berkumpul dan bercanda bersama keluarga contoh cara memecah rasa jenuh.

Selain itu, kita bisa mengubah suasana lingkungan kita yang dapat membuat kita jenuh, lingkungan rumah, tatanan kamar yang berbeda dari biasanya tentu membuat pikiran kita menjadi semangat baru. Jalan-jalanlah di pagi hari, sambil olahraga ringan tentu bisa membuat keluar keringat, menjernihkan pikiran. Pilihlah olahraga yang kita sukai, yang penting ringan dan mampu memera ikan suntikan semangat bagi kita.

Rasa jenuh memang sesuatu hal yang alami dan wajar terjadi pada kita. Hanya saja anda harus bisa mengatasinya agar aktivitas yang anda lakukan menjadi lebih berarti dan bermakna. Tidak hanya terjadi pada manusia, hewan pun bisa mengalami rasa jenuh, looh. 😀

sumber gambar: freeimages.com

Bagaimana sobat? Setelah membaca artikel ini anda masih jenuh juga? Kalo gitu ya carilah cara lain yang membuat anda ceria kembali. Apa saja, anda tentu lebih tahu hal apa yang bisa membuat anda senang, yang penting upayakan hidup anda penuh keceriaan, keikhlasan dan rasa syukur, serta penuh semangat, insyaallah rasa jenuh dalam pikiran anda akan terbuang secara otomotis, sekarang saatnya anda buktikan! Semoga berhasil!!

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
tags:
loading...

Related For Jenuh dengan rutinitas harian ?! Baca 3 langkah ini!

Authors

loading...

Kategori

Berlangganan via Email

Masukkan alamat email anda untuk berlangganan di blog ini, anda akan menerima pemberitahuan tulisan terbaru melalui email.

Join 1 other subscriber