Menu

Urusan akhirat berat, tapi kok ringan untuk urusan dunia, lucu yaa….?!

19/06/2016 | Pemikiran
Bagikan :

when read quran lastBersyukurdanikhlas.com – Beribadah, merupakan salah satu kewajiban atau kebutuhan bagi setiap muslim. Ibadah adalah makanan bagi rohani agar terasa selalu segar. Disaat pikiran sedang tak tenang, ibadah menjadi obat penyeimbang agar syaraf-syaraf yang tegang oleh urusan dunia menjadi kendur kembali.

Sebagian waktu yang kita miliki lebih banyak kita habiskan untuk urusan dunia. Waktu yang kita gunakan untuk beribadah, sholat misalnya sebenarnya tak banyak. Jika tiap sholat kita asumsikan 5 menit maka sholat lima waktu hanya 25 menit sehari. Sedangkan sisanya kita gunakan untuk bekerja, bermain dan tidur.

Walaupun waktu sholat kita singkat, kilat, terkadang kilat ekspress (yang pengalaman angkat tangan) 😀 namun anehnya terkadang waktu lima menit terasa sangat lama.

Beda jika kita melakukan kegiatan lain bermain game misalnya, waktu seakan-akan sangat singkat. Singkat kata untuk urusan akhirat kita berat tapi ringan untuk urusan dunia. Padahal dunia hanya sesaat dan akhirat kekal.

Nah berikut ini beberapa statement yang mungkin pernah kita rasakan. Membacanya pun bisa membuat kita terheran-heran dan jangan heran kalo kamu jadinya senyum-senyum sendiri.

  1. Kamu pernah nggak merasa kalo sholat 5 menit terasa lama tapi nonton final liga champions 2 jam sama sekali nggak terasa. Lucu ya?
  2. Sholat tarawih sekitar 1 jam terasa sebulan tapi belanja keliling mall berjam-jam kok tidak capek. Lucu ya?
  3. Saat khotbah jumat yang cuman 15 menit dengernya malas-malasan sampai ngantuk dan ketiduran, kalo dengerin MP3 jangan tanya lamanya. lucu ya?
  4. Saat di depan kamu ada kotak amal berjalan, mau infaq 1000 aja tapi kok rasanya berat ya, tapi anehnya untuk makan di restoran mahal rasanya kok enteng-enteng saja. Lucu ya?
  5. Kalo dibulan puasa, puasa di awal shaff sholat penuh oleh jamaah, tapi menginjak pertengahan shaff nya mengalami kemajuan. Lucu ya?
  6. Di sepertiga hari terakhir kamu akan mendapati masjid mulai mengalami kesepian tapi sebaliknya baitul mall (shopping center) mengalami keramaian. Lucu ya?
  7. Ngaji atau tadarus sebentar punggung dan mata cepat mengantuk tapi main game COC berjam-jam kok aman-aman saja ya. Haha lucu ya?
  8. Saat mengikuti kajian keislaman duduk sebentar kok rasa bosan cepat datang, tapi bayangkan bermain PS sampai subuh, atau ngopi diwarkop berjam-jam tapi bisa kuat loh. Lucu ya?
  9. Biasanya kaum hawa nih, waktu pengajian muslimat, lihat saja betapa tidak nyaman dan betahnya ibu-ibu itu tapi menggosip berjam-jam betah pake banget. Lucu ya?
  10. Saat kuliah 2 jam pun sama, rasanya bete banget, ditambah yang ngisi dosen killer rasa-rasanya waktu kok berjalan lambat ya, coba waktu nonton konser, sampai gak ingat waktu, lupa sholat juga, naudzubillah. Lucu ya?
  11. Waktu belajar atau mengerjakan tugas padahal baru sejam aja tapi membosankan sekali, kalo nonton TV berjam-jam kok rasanya nggak ada hambatan tuh. Lucu ya?
  12. Banyak orang berlomba-lomba beli mobil, bahkan sampai 5 tapi kok nggak mau daftar haji. Lucu ya?
  13. Kalo lagi ada diskon gede di suatu supermarket, 2 jam belum buka aja udah pada ngantri tapi berangkat sholat jamaah mepet-mepet. Lucu ya?
  14. Ada dua acara bareng, konser musik dan pengajian. Coba tebak mana yang lebih rame? jangan tanya lagi sudah pasti acara pengajian yang sepi. Lucu ya?
  15. Bulan Ramadhan bulan puasa, logikanya belanja makan minuman berkurang, faktanya pengeluaran malah naik. hehehe. Lucu ya?

Nah itu dia hal-hal yang menurut saya terkadang terbalik-balik. Dan tentunya itu hanya contoh sebagian kecil saja bahwa dunia lebih diutamakan, bukan akhirat. Padahal jika kita mengejar akhirat maka dunia akan ngikut. Apalagi di Bulan Ramadhan Mubarok dimana pahala ibadah dilipatgandakan.

Mudah-mudahan waktu kita tidak habis oleh urusan-urusan dunia yang melenakan dan tak pernah usai. Imbang antara dunia dan akhirat sehingga mendapatkan kemuliaan dan kebahagiaan di dunia akhirat.  Aamiiin.

Bagikan ke teman anda :
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares
loading...

Related For Urusan akhirat berat, tapi kok ringan untuk urusan dunia, lucu yaa….?!

Authors

loading...

Kategori

Berlangganan via Email

Masukkan alamat email anda untuk berlangganan di blog ini, anda akan menerima pemberitahuan tulisan terbaru melalui email.

Join 1 other subscriber