Menu

Waspadalah, pelaku kejahatan menanti anda di Facebook…!

17/04/2016 | Pemikiran
Bagikan :

fake fb

Bersyukurdanikhlas.com – Akhir-akhir ini kebanyakan dari kita mendengar ada berita yang cukup miris, dimana ada seorang wanita muda diperkosa oleh teman yang dikenal nya dari media sosial Facebook. Berita lain menyebutkan bahwa seorang siswi diperkosa oleh teman yang dia kenal di Facebook saat dia hendak ketemuan. Sebenarnya, telah jauh hari kita banyak mendengar kasus yang sama  yang ditayangkan di media televisi. Miris..!

Saya yang penasaran akhirnya iseng-iseng searching di Google, ternyata hasilnya luar biasa. Gambar dibawah ini adalah salah satu hasil pencarian saya di Google. Itu hanya salah satu kasus saja padahal sudah berapa banyak kasus kriminal yang ditimbulkan oleh media sosial  bikinan Mark Zuckenberg ini. Anda bisa mencobanya dengan kata kunci yang lain.  Pertanyaan yang mendasar adalah bagaimana hal itu bisa terjadi?

kenalan fbFacebook atau cukup disebut dengan FB ini merupakan medsos paling populer di seluruh dunia. Bayangkan tahun 2016 ini total jumlah pengguna FB mencapai 1,59 miliar. Tak terkecuali di Indonesia total penggunanya mencapai 63 juta orang. Pengguna FB di Indonesia adalah nomer 2 terbesar setelah Amerika serikat yang berjumlah 175 juta orang.

Kemudahan dalam membuat akun serta tampilan user interface-nya yang sederhana tapi elegan barangkali menjadi faktor utama banyak orang di seluruh dunia memilih FB untuk menunjukkan eksistensi mereka.fb

FB yang sejak ada mulai ada dari tahun 2004 ini, menjadi booming sejak era Friendster berakhir sekitar tahun 2008. FB dengan cepat tumbuh menjadi medsos dengan jumlah terbesar (lihat gambar diatas). Seiring dengan berjalannya waktu banyak yang mengatakan bahwa era FB akan segera berakhir. Benarkah demikian?

Fakta berbicara lain, hingga detik ini pertumbuhan pengguna FB justru mengalami kenaikan, dimana jumlah penggunanya dari hari ke hari kian bertambah. Kalo anda punya adik atau keponakan masih SMP, maka janganlah heran kalo mereka sudah mengenal FB, tak terkecuali dengan adik saya. Padahal pertama kali saya buat akun FB saat saya di bangku kuliah.

Selain itu FB dinilai memberi value lebih dibanding media sosial lain, dengan menampilkan foto profil maka secara sekilas akan dapat mengenal pemilik akun FB tersebut. Barangkali dia adalah kawan lama kita dulu saat di bangku sekolah atau di pesantren dulu, atau kawan kita di kampung halaman yang sudah terpisah karena merantau jauh ke pulau seberang.

FB mempertemukan kita dengan kawan lama kita dimana di era mereka FB belum ada! FB mendekatkan yang jauh…!

Dari FB ini kita dapat bertanya kabar, meluapkan rasa rindu kita dengan mereka. FB mempertemukan kita..! Bahkan ada juga cerita bahwa di FB mereka bisa menemukan cinta lama mereka, pas sekali dengan lagu gigi, yang judulnya “berawal dari FB baruku, kau datang dengan cara tiba-tiba….”, ciyee…! 😀

Dan kalo kita seorang marketer, di FB ini kita dapat menggunakan sebagai media promosi produk kita.

Kebanyakan pengguna FB didominasi oleh anak muda remaja yang bisa dikatakan masih mencari jati diri. Dari banyaknya kejadian yang menjadi korban kebanyakan anak muda remaja, ini mengindikasikan bahwa mereka masih belum mengetahui bagaimana cara bermain media sosial yang aman.

Dengan pengguna jutaan orang tentu FB memjadi tempat berkumpul semua orang, dengan berbagai macam ragam watak, profesi dan ideologi. Bisa jadi intelejen atau penjahat yang mengintai akun kita untuk dijadikan target sasaran.

Ada yang sudah kita kenal ada yang tidak kita kenal. Kita tidak tahun akun mana yang mengintai kita atau menjadikan kita target kejahatan mereka.  Oleh karena itu kita harus ekstra hati-hati terutama dalam memasang identitas diri kita. Terutama foto, berawal dari foto, saya dan kita bisa jadi target kejahatan, foto kita bisa diedit dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan ini sudah banyak terjadi..!

Dampak baik dan buruk, penggunaan FB sebenarnya timbul atau tidak, tergantung  bagaimana cara kita bermain di media sosial tersebut. Bermain FB secara aman harus dilakukan oleh setiap orang untuk menghindari hal-hal yang buruk tersebut tidak terjadi.

Point-point berikut perlu anda perhatikan jika anda ingin bermain FB secara aman…!

1. Pertama, dalam memasang foto gunakan foto yang sewajarnya saja. Jangan upload foto pribadi, terutama yang memliki resolusi gambar yang besar.  Ingat jangan sampai foto kita disalahgunakan!

2. Kedua, kelompokkan teman kita di FB.  Saya umumnya mengelompokkan mereka menjadi 3 type, yaitu tipe-1 teman yang kita kenal di dunia nyata dan terverifikasi, tipe-2 teman yang tidak dikenal di dunia nyata tapi memiliki identitas jelas dan tipe-3 teman yang tidak kita kenal di dunia nyata serta identitasnya tidak jelas.

Untuk kategori teman FB tipe 2 dan 3 ini lah yang patut kita waspadai, bisa jadi mereka adalah akun-akun pengintai, stalker dan berpeluang memiliki rencana buruk terhadap kita. Kalo mereka mengajak ketemuan lebih baik abaikan saja. Untuk kebaikan anda, saran saya lebih baik di unfriend atau di block saja.

3. Ketiga, pergunakan lah kata-kata yang baik saat kita membuat status. Jangan sampai menyindir orang lain. Kita tidak mendapatkan teman baru malah kita menambah musuh baru. Kembali ke tujuan medsos, yaitu mendekatkan yang jauh, bukan malah menjauhkan yang dekat.

Ingat, banyak orang mengatakan bahwa kata-kata kita menggambarkan jati diri kita..! Kita tidak perlu khawatir di anggap percitraan, lebih baik tunjukkan diri kita yang sebenarnya, sesekali kita boleh berbeda pendapat, berdebat keras dengan teman kita…itu sah-sah saja…!

Dont judge the book by its cover, jangan melihat orang dari luarnya saja. Kita harus berhati –hati terutama dengan teman FB yang tidak kita kenal di dunia nyata. Tidak menutup kemungkinan kita bisa tertipu. Mereka yang kita tahu baik dan ramah di FB, siapa yang menjamin jika mereka orang yang benar-benar baik di dunia nyata. Nah, itu contoh nya.. Masuk akal kan..?!

Pada intinya adalah dalam bermain sosmed adalah dapat memberikan manfaat bagi kita. Parameternya adalah kita bisa menambah teman, baik dikenal di dunia nyata atau tidak, menjalin silaturahmi dengan kawan lama kita, selain itu kita bisa berbagi manfaat dengan cara sharing tentang pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain, jika kita punya bisnis, kita juga bisa meningkatkan penjualan produk kita.

Namun, saat kita tidak menemukan itu semua, saat dengan FB kita justru menjadi jauh dengan teman-teman nyata kita, well, saat itulah kita sudah harus berhenti…lebih baik kembali kedunia nyata, disadari atau tidak, kita membutuhkan teman-teman nyata kita, dan karena sekali lagi FB itu mendekatkan yang jauh, bukan menjauhkan yang dekat..!

Akhirnya, kita ingat pesan Bang Napi bahwa kejahatan datang bukan karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan…waspadalah…waspadalah…!

Waspadalah dalam bermain FB jangan sampai dari keluarga kita ada yang menjadi korban berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
loading...

Related For Waspadalah, pelaku kejahatan menanti anda di Facebook…!

Authors

loading...

Kategori

Berlangganan via Email

Masukkan alamat email anda untuk berlangganan di blog ini, anda akan menerima pemberitahuan tulisan terbaru melalui email.

Join 1 other subscriber